Pembelajaran paikem Gembrot

PAIKEM GEMBROT, yang artinya Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot )

Pada saat ini pembelajaran PAKEM yang di gembar - gemborkan para pemimpin dunia pendidikan Indonesia yang sebenarnya bukan ide dari negara kita, melainkan Program

Managing Basic Education atau (MBE), yang didukung dan didanai oleh USAID, bertujuan meningkatkan mutu dan efisiensi pengelolaan pendidikan dasar dalam rangka desentralisasi pemerintahan.

Program ini dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota, dengan mengembangkan praktik-praktik yang baik yang sudah ada. Program juga mendorong pengembangan dan diseminasi praktik yang baik serta gagasan-gagasan lain di tingkat kabupaten/kota. Praktik-praktik ini meliputi:•Pengelolaan Sumber Daya, khususnya Fasilitas dan Pegawai.•Pendanaan Sekolah secara langsung untuk menunjang Manajemen Berbasis Sekolah.•Manajeman Berbasis Sekolah (MBS) dan Peran Serta Masyarakat (PSM).

Namun para pemerhati pendidikan banyak melakukan perkembangan yaitu dengan mencetuskan PAIKEM GEMBROT, yang artinya Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot )

Ini menjawab persoalan dari pararekan guru yang banyak menanggapi dari PAKEM, para guru banyak bertanya bagaimana bisa kalau kita dikejar oleh alokasi waktu dan siswa yang malas dalam belajar. Disini dituntut bukan hanya kreasi dari guru tetapi Inovasi guru dalam mengatur siswa dan alokasi waktu tersebut dengan kondisi siswa dan sekolah serta lingkungan masyarakat.

Sumber :http://pak-gunawan.blogspot.com/2009/03/pembelajaran-paikem-gembrot.html




Labels : mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah Honda SUV car body design

Alat Peraga Matematika

Alat Peraga Matematika


Berikut ini daftar alat peraga matematika yang dikembangkan oleh PPPPTK Matematika



AEM (Algebraic Experience Material)

Bangun Datar Luasan

Bangun Datar Rangka

Bangun Ruang Masif

Bangun Ruang Transparan

Bangun Ruang Rangka

(a – b )2 = a2 – 2ab + b2

(a+b)(a-b) =a2-b2

(a+b)2 = a2+ 2ab + b2

(a+b)3 = a3 + 3ab2 + 3a2b + b3

Bukti Pythagoras-pythagoras

Irisan bola (2 macam)

Irisan Tabung (2 macam)

Jumlah Bilangan Asli

Jumlah Bilangan Ganjil

Jumlah Sudut Segitiga

Jumlah sudut segiempat

Kuadrat Lengkap al-Khwarizmi

Klinometer

Limit Deret Geometri

Limit Deret Setengah

Limit Deret Sepertiga

Limit Deret Seperempat

Dekak-dekak

Luas Jajargenjang Model I

Luas Jajargenjang Model II

Luas Layang-layang

Luas Lingkaran

Luas Segitiga Lancip (model I)

Luas Segitiga Tumpul (model II)

Luas Selimut Bola Lilitan

Papan Berpaku (60 x 80)

Papan Berpetak(60 x 80)

Papan Flanel (60 x 80)

Rumus Volum Bola

Rumus Volum Kerucut

Rumus Volum Limas

Peraga Satuan

Peraga Kumpulan

Peraga Perkalian

Volum Balok dan Kubus

Peluang Putaran

Timbangan Bilangan

Menara Hanoi

Loncat Katak
 
 
 
sumber  :http://p4tkmatematika.org/alat-peraga-matematika/

Labels : mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah Honda SUV car body design

Pembelajaran Pakem

Pembelajaran Pakem


Banyak guru ingin tahu pembaharuan pendidikan antara lain Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Mereka berkunjung ke sekolah yang telah mulai melaksanakan PAKEM. Yang paling menonjol di sekolah yang dikunjungi adalah pengaturan meja dan kursi dalam bentuk kelompok. Kemudian guru pulang ke sekolahnya dan menganggkap bahwa PAKEM hanya kerja kelompok, dan semua tugas dikerjakan dalam kelompok sehingga tidak ada tugas perorangan lagi! Mereka tidak mengerti bahwa inti PAKEM adalah bukan hanya bentuk tempat duduk tetapi kegiatan yang dikerjakan anak harus menantang siswa untuk mengembangkan berbagai kompetensi seperti berpikir kreatif, mengungkapkan pikiran, dan memecahkan masalah secara mandiri.

Manfaat anak duduk berkelompok adalah memudahkan interaksi antar siswa. Mereka dapat mendikusikan masalah dan membandingkan hasil kerjanya. Hal ini penting untuk megembangkan berbagai keterampilan. Namun perlu ditekankan bahwa hanya sebagian tugas dapat dikerjakan dalam kelompok. Tugas yang dapat dikerjakan dalam kelompok termasuk:
Anak-anak saling tukar-menukar ide tentang sesuatu masalah atau isi cerita yang akan ditulis;
  • Anak memecahkan suatu masalah bersama-sama;
  • Anak melakukan praktik yang tidak bisa dilakukan perorangan, perlu ada
  • diskusi, atau karena jumlah alat bantu terbatas 
 Ref: Suara MBE 3


info selengkapnya klik disini


Labels : mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah Honda SUV car body design

Metode Role Playing


Metode Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan. Kelebihan metode Role Playing:
Melibatkan seluruh siswa dapat berpartisipasi mempunyai kesempatan untuk memajukan kemampuannya dalam bekerjasama.
1. Siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh.
2. Permainan merupakan penemuan yang mudah dan dapat digunakan dalam situasi dan waktu yang berbeda.
3. Guru dapat mengevaluasi pemahaman tiap siswa melalui pengamatan pada waktu melakukan permainan.
4. Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.

Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.
Adapun keunggulan metode problem solving sebagai berikut:
1. Melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan.
2. Berpikir dan bertindak kreatif.
3. Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis
4. Mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan.
5. Menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan.
6. Merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat.
7. Dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dunia kerja.
Kelemahan metode problem solving sebagai berikut:
1. Beberapa pokok bahasan sangat sulit untuk menerapkan metode ini. Misal terbatasnya alat-alat laboratorium menyulitkan siswa untuk melihat dan mengamati serta akhirnya dapat menyimpulkan kejadian atau konsep tersebut.
2. Memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain


Labels : mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah Honda SUV car body design

Metode debat dalam pembelajaran

Metode Debat
Metode debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan kontra. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empat orang. Di dalam kelompoknya, siswa (dua orang mengambil posisi pro dan dua orang lainnya dalam posisi kontra) melakukan perdebatan tentang topik yang ditugaskan. Laporan masing-masing kelompok yang menyangkut kedua posisi pro dan kontra diberikan kepada guru.
Selanjutnya guru dapat mengevaluasi setiap siswa tentang penguasaan materi yang meliputi kedua posisi tersebut dan mengevaluasi seberapa efektif siswa terlibat dalam prosedur debat.
Pada dasarnya, agar semua model berhasil seperti yang diharapkan pembelajaran kooperatif, setiap model harus melibatkan materi ajar yang memungkinkan siswa saling membantu dan mendukung ketika mereka belajar materi dan bekerja saling tergantung (interdependen) untuk menyelesaikan tugas. Ketrampilan sosial yang dibutuhkan dalam usaha berkolaborasi harus dipandang penting dalam keberhasilan menyelesaikan tugas kelompok. Ketrampilan ini dapat diajarkan kepada siswa dan peran siswa dapat ditentukan untuk memfasilitasi proses kelompok. Peran tersebut mungkin bermacam-macam menurut tugas, misalnya, peran pencatat (recorder), pembuat kesimpulan (summarizer), pengatur materi (material manager), atau fasilitator dan peran guru bisa sebagai pemonitor proses belajar.


Sumber:
http://nadhirin.blogspot.com/2008/08/metode-pembelajaran-efektif.html


Labels : mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah Honda SUV car body design

Media Pembelajaran

Suskesnya pendidikan tentu merupakan harapan semua pihak, namun dalam pelaksanaannya sering terjadi kendala yang kadang tanpa disadari kendala itu datang dari pendidik dan peserta didik. sebagian siswa mengeluhkan metode pembelajaran yang dipakai pendidik kurang mengena, membosankan.

mengatasi hal tersebuh ini ada beberapa ilmu yang mungkin bisa kita pelajari tentang media pembelajaran
silakan klik disini

Labels : mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah Honda SUV car body design

Powered by Free Blogger templates